Langsung ke konten utama

Tips Untuk Mengobati Asam Lambung Paling Ampuh

Bila anda sering mengalami nyeri di ulu hati tentunya itu bukanlah masalah kesehatan biasa, itu pertanda bahwa lambung anda sedang mengalami masalah, berbagai masalah lambung dapat menyebabkan gejala , dan menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

Asam lambung dapat di atasi dengan berbagai macam cara diantaranya dengan mengkonsumsi obat asam lambung kini banyak di jual di berbagai apotik bahkan warung sekali. Tapi asam lambung bisa takmbuh kapan saja

Asam lambung tinggi atau GERD disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophagael sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Ini menyebabkan asam lambung pada lambung sangat mudah naik ke atas, bahkan bisa sampai mulut.

Asam lambung memiliki sipat asam yang korosif, dapat merusak organ yang di laluinya. Banyak komplikasi serius yang dapat disebabkan oleh naiknya asam lambung ke atas atau GERD.

Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus. Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Biasanya Anda akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan apalagi bila makan terlalu banyak atau mengkonsumsi makanan pedas atau asam. Anda juga akan merasakan sensasi panas di bagian dada atau nyeri ulu hati.

Sebenarnya penelitian menyebutkan tidak ada obat asam lambung yang dapat membuat LES berfungsi kembali. LES yang tidak berfungsi ini disebabkan karena LES sudah rusak dan tidak mungkin bisa ‘diperbaiki’. Meskipun begitu, gejala yang ditimbulkan dari asam lambung dapat diredakan.

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan.

Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang. Jika langkah-langkah pengobatan di atas masih belum berhasil mengatasi GERD, dilakukan prosedur operasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter. Prosedur operasi ini biasanya akan memulihkan fungsi LES, namun tidak bisa mengembalikannya secara normal.

Lambung merupakan organ tubuh manusia yang fungsinya sangat vital yaitu sebagai salah satu sistem saluran pencernaan dalam tubuh yang bertugas mencerna makanan, dan masih banyak lagi lainnya lho. Jangan khawatir jika Anda memiliki penyakit asam lambung, satu-satunya cara agar penyakit asam lambung Anda tidak kambuh dan datang kembali adalah dengan menjaga lambung Anda tetap sehat. Agar asam lambung tidak kambuh lagi anda dapat menerapkan tips paling ampuh untuk mengobati asam lambung.

Olahraga Secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur merupakan cara untuk meredakan asam lambung secara cepat. Lemak menjadi salah satu masalah untuk perut. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan lambung, Anda harus menurunkan lemak di perut dan salah satu caranya adalah dengan melakukan olaharaga yang dapat membakar kalori. Selain mengatasi asam lambung olahraga secarat teratur ini juga membantu menguatkan otot tubuh, dan mencegah dari penyakit kardiovaskuler.

Pola makan yang teratur

Ketika Anda sibuk dari aktivitas Anda, usahakan tetap makan secara teratur, makan teratur juga sangat penting untuk asam lambung. Makanan adalah sumber energi dalam tubuh, jika ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, secara otomatis lambung akan memprakan oduksi cairan asam lambung. Ketika tidak ada asupan makanan ke lambung maka menyebabkan asam lambung menghancurkan dinding lambung, dan mengakibatkan rasa perih pada lambung.

Hindari makanan pedas dan asam

Sangat tidak disarankan sekali untuk mengkonsumsi kedua makanan jenis ini ketika menderita aasm lambung. Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat melukai atau mengiritasi lambung. Sama halnya dengan makanan yang bersifat pedas lainnya seperti merica dan paprika. Makanan asam juga dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan rasa perih.

Tips berikut ini adalah tips bagi anda untuuk mengatasi berbagai masalah lambung maag dan asam lambung tinggi, tips tersebut juga bantu sehatkan tubuh anda secara menyeluruh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat Sinusitis yang cocok untuk sinusitis kronis

Mencermati kejadian kamu, agung kira-kira diagnosis mengarah ke sinusitis kronis atau rinosinusitis kronis. Antibiotik spektrum luas dgn target organisme penghasil beta-lactamase dan resisten bagi S. pneumoniae sebaiknya diperlukan apabila terdapat: tidak berespon dgn antibiotik lini pertama ihwal kronis atau serta, pun sampai berat Komplikasi atau bab yg berpotensi jadi komplikasi termasuk juga( keterlibatan frontal atau sfenoid) bayaran tinggi terhadap bermacam macam organisme yg resisten antibiotik lini awal: terapi antibiotik 30–90 hri terdahulu, kedatangan daycare, umur < 2 th, rerata endemis mikroba resisten tinggi. Dokter dapat merekomendasikan amoxicillin-clavulanic acid, cefuroxime dan sefalosporin generasi ke3 seperti: cefpodoxime dan cefdinir. untuk anak atopik dgn sinusitis kronis, amoxicillin dan trimethoprim-sulfamethoxazole tersangkut erat bersama rerata respon yg lebih tinggi bila di bandingkan bersama erythromycin atau antihistamin/dekongestan verbal tidak de